Headlines News :
Home » » Elang Raja: Keraton Butuh Dukungan Masyarakat

Elang Raja: Keraton Butuh Dukungan Masyarakat


Cirebon News.- Keberadaan Keraton yang ada di Cirebon khusunya Keraton Kasepuhan, sekarang ini dinilai masih butuh banyak perhatian dari masyarakat luas, tidak terkecuali pihak pemerintah baik pusat maupun daerah dan juga pihak swasta, agar pelestarian budaya terus bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Hal ini disampaikan oleh Putra mahkota Keraton Kesepuhan Elang Raja Luqman Zulkaedin saat menerima perwakilan dari PT Ace Hardware Indonesia, Tbk, Selasa (22/4).

“Keraton Kasepuhan ini sudah berumur hampir 600 tahun, namun kondisinya masih cukup bagus, ini berkat peran serta dari pemerintah dan pihak swasta serta masyarakat luas yang masih peduli akan kelestarian budaya khusunya Keraton Kesepuhan ini,” ungkapnya.

Dikatakan Elang Raja, dipandang sangat perlu sekali peran serta swasta untuk ikut serta melakukan perawatan dan pelestarian bangunan yang ada di lingkungan kraton kasepuhan, pihaknya sangat berterimakasih kepada pihak PT Ace yang mau menyelenggarakan bakti sosial di lingkungan kraton kasepuhan.

“Keraton Kasepuhan mendapatkan tempat untuk dijadikan tempat bakti sosial ini dan kami sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, kita harapkan kepedulian dari PT ACE ini terus dapat digalakan bukan untuk hari ini saja,” katanya

Elang Raja juga berharap, kepedulian dari PT ACE dan beberapa pihak swasta lain akan penting nya pelestarian cagar budaya sebagai salah satu aset budaya yang ada di Cirebon, kepedulian ini yang akan menjadiakan kebanggan tersendiri bagi bangsa yang besar akan sejarahnya. “Bangsa yang besar itu karena sejarah, untuk itu saya sampaikan terimakasih buat PT ACE yang sudah ikut berperan serta dalam melestarikan kebudayaan,” tandasnya

Sementara itu Pimpinan Area 7 PT Ace Hardware Indonesia, Tbk, Aris Haryo mengatakan, aksi pembersihan landmark dipilih karena kebanggan ACE Hardware terhadap tempat yang menjadi simbol bahkan memiliki sejarah tersendiri bagi masing-masing kota.

“Sebanyak 90% karyawan ACE yang merupakan putra-putri daerah patut ditumbuhkan rasa bangga terhadap kota asalnya. Selain itu, kontribusi penjualan terbesar di ACE Hardware berasal dari produk cleaning aid. Sebagai rasa terima kasihnya, ACE Hardware mengadakan program pembersihan lingkungan,” ungkapnya.

Di kota Cirebon menurut Aris, Program ACE PEDULI BERSIH INDONESIA akan dilaksanakan di Keraton Kasepuhan pada tanggal 22 April 2014. Keraton Kasepuhan adalah kerajaan Islam tempat pendiri Cirebon bertahta dan merupakan keraton termegah yang ada di kota Cirebon. Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Sebagai tempat yang menjadi kebanggaan dan sangat bersejarah bagi warga Cirebon, maka ACE Hardware merasa perlu untuk memberikan apresiasi dengan melakukan aksi pembersihan di landmark ini. Kegiatan yang dilakukan selain pembersihan keraton adalah penyerahan alat kebersihan berupa : Tempat sampah, Hall Mop, Sapu lidi dan lainnya.

“Selain di Cirebon, program ini juga akan dilakukan kota lain seperti di Bunderan HI Jakarta, Gong Perdamaian Dunia di Ambon Maluku, Museum Sri Baduga & Monumen Perjuangan Rakyat Bandung, Kawasan Pantai Losari Makassar, Kawasan Pantai Kuta Bali, Tugu Muda Semarang, Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 Yogyakarta dan masih banyak lagi lainnya,” tanmbahnya. (Adk/CNC)
Share this post :
 
Support : Copyright © 2011. KLIK CIREBON - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger